7.18.2011

Pengertian Domain

Mr.Black Hats Informasi Pada posting sebelumnya kita membahas Mengganti Favicon Blog yang berkategori Blogger Pemula berbeda dengan posting kali ini yang termasuk kategori Domain.

Terus terang saya agak sedih dan kecewa atas ke pergian nya .Co.Cc layanan Third Level Domain yang telah di hapus oleh Google Panda dan itu memaksa diri saya agar mengganti layan Third Level Domain yang lain,yang akhirnya saya mengganti ke Third Level Domain yang sudah di support oleh google yaitu domain .Cc.cc,saya kurang paham apa maksud dari google yang telah menghapus dan membanned blog yang mempunyai domain .Co.cc,.Co.cz, dll.

Pengertian Domain

  • Apa itu nama domain?
Domain adalah nama yang diberikan  untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di dunia maya(Internet).Domain memberikan kemudahan agar kita bisa akses ke server tanpa harus mengingat deretan nomor atau ip.
  • Apa itu Top Level Domain?
Top Level Domain adalah nama,istilah atau kata yang letaknya dibelakang nama domain seperti .Com (dotcommercial) .Net (dotnetwork) .Mil (dotmilitary) .Edu (doteducation) .Org (dotorganization) .Gov (dotgoverment).

Top Level Domain mempunyai 2 (dua) macam yaitu : 

 1.Global Top Level Domain (gTLD)
Adalah : Nama domain dasar atau seperti yang diungkapin diatas.

 2.Country Code Top Level Domain
Adalah : Top Level Domain yang di gunakan oleh masing-masing negara seperti indonesia dengan kode ID (co.id, or.id, net.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dll).
  • Apa itu Second Level Domain? (SLD)
Second Level Domain (SLD)  adalah nama domain kalian yang sudah anda daftarkan. Contoh nya jika nama domain yang anda daftarkan adalah domainanda.com maka domainanda adalah Second Level Domain nya dan .Com nya Top Level Domain nya.
  • Apa itu Third Level Domain?
Third Level Domain adalah nama sebelum Second Level Domain (SLD) dan Top Level Domain. Contohnya nama domain yang anda miliki adalah domainanda.com maka anda dapat tambahkan nama lain sebelum domainanda menjadi Blog.domainanda biasanya kalo para blogger menyebutnya Sub Domain yang biasa dipakai .Blogspot dan .Wordpress

12 komentar:

blogging with me mengatakan...

penjelasan yg lengkap mengenai domain.. trims infonya kang boy

Boy mengatakan...

@ Cayun : Sama-sam :D

sahat-tutorial.blogspot.com mengatakan...

saya cm tau arti domain secara garis besarnya saja. Ty yah atas informasi lengkapnya

Boy mengatakan...

@ Ndo : Sip ;)

campuran mengatakan...

Nice info gan....

Boy mengatakan...

@ Campuran : Sip ;)

Oketrik mengatakan...

wah bermanfaat nih jadi banyak tahu tentang singkatan2 domain, TLD,SLD dan Third LD :D

Boy mengatakan...

@ Oke : Sip ;))

Blog SoftArt mengatakan...

@boy denger - denger dari sumber yang dapat dipercaya sub domain co.cc banyak yang menggunakanny sebagai blog auto content sehingga dianggap spam oleh google, hehe saya jg sedih dah dpt pagerank jg dari co.cc :)

Mas Syaif mengatakan...

Blogku yang kedua masih pakai co.cc soalnya berat klo pindah2 coz harus upload lg dari awal joomlany :D..makasih dah mampir sobat @boy

Boy mengatakan...

@ Syaif : Iya :((

Boy mengatakan...

@ Syaif : Oke :D

Posting Komentar